Resensi Buku “Kiat Sukses Mengarang Novel” Karya: Saut P. Tambunan

August 8, 2009 at 9:49 am | Posted in RESENSI BUKU Aniters | 1 Comment
Tags: ,
buku sautJudul: Kiat Sukses Mengarang Novel
Penulis: Saut Poltak Tambunan
Penerbit: Kutubuku Sampurna, 2009
Penulis bukan tukang masak yang karyanya akan berakhir di meja makan. Penulis menghasilkan karyanya yang akan dikonsumsi menjadi makanan suplemen bagi sikap, karakter, moral dan kepribadian pembaca. Oleh karena itu sebelum menulis, seorang penulis harus terlebih dahulu mengetahui maksud dan tujuan yang hendak dicapai, bahkan sudah tahu segmen pembaca mana yang akan menjadi targetnya dan sudah memperkirakan bagaimana responsi mereka.

Dalam cerita silat kuno kita temukan bahwa sastrawan di Tiongkok mendapat penghargaan tinggi di dunia persilatan. Sekali pendekar salah tebas, seorang tewas. Tetapi jika seorang penulis yang salah, diperlukan waktu yang sangat lama untuk memperbaikinya, karena keterlanjuran pengaruhnya terhadap perubahan sikap dan moral pembacanya.

Namun demikian buku ini tak hanya mengungkap bagaimana mengarang novel yang baik sebagaimana buku-buku yang pernah terbit di pasaran selama ini. Buku ini mengajak para pengarang untuk membuat novel agar cepat dikenal, dan laris (best seller). Ia mengibaratkan judul novel adalah produk, nama pengarang adalah brand owner dan nama pena adalah brand umbrella. Buku ini lebih menitikberatkan bagaimana mengarang novel dengan pendekatan marketing, agar novel Anda laris (best seller) dan dibaca orang.

Penulisnya Saut Poltak Tambunan telah membuktikan hal itu. Dia adalah pengarang novel laris yang novel-novelnya banyak difilmkan di layar lebar dan sinetron.

Buku ini juga menyertakan proses kreatif 17 pengarang Indonesia, seperti Ali Muakhir, Ana Mustamin, Anny Djati, Arie MP Tamba, Aulia ‘Ollie’ Halimatussadiah, Benny Rhamdani, Cok Sawitri, Dewi ‘Dee’ Lestari, Donatus A Nugroho, Fanny Jonathan Poyk, Ida Ahdiah, Kurnia Effendi, Kurniawan Junaedhie, Pipiet Senja, Putu Wijaya, Zara Zettira ZR dan Saut Poltak Tambunan.

Jika belum/ tdk tersedia di TB Gramedia di kota Anda, buku ini bisa diperoleh melalui Cabang2/ Agen Anita terdekat di kota Anda.

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ya kemarin uda aku cari di gramedia yang di Gajah mada belum ada….
    semoga tulisan pak PST dapat menjadi inspirasi bagi pembacanya..sukses selalu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: